Foto Montase

My Lil Red Devils

Waktu membaca koran KOMPAS hari ini (Selasa, 20 April 2010) saya sempat membaca artikel menarik mengenai foto montase

Montase berasal dari kata montage.

Menurut http://www.answers.com, Montage is a single pictorial composition made by juxtaposing or superimposing many pictures or designs.

Maka, foto montase adalah foto yang terbuat dari ”tempelen-tempelen” foto lain. Maka, foto montase bisa sederhana, misalnya, sekadar menempelkan foto seorang manusia pada sebuah foto pemandangan, tetapi bisa juga rumit dan sangat terencana.

Dalam sejarah fotografi, foto montase tercatat bisa menjatuhkan seorang politikus di AS. Foto politikus itu telah dimontase (ditempeli) dengan foto seorang tokoh partai lawan. Akibatnya, sang politikus terjungkal pada sebuah pemilihan anggota senat.

Foto montase juga terlihat selama kampanye pemilu dan pilkada tahun lalu di Jakarta. Alangkah banyaknya foto tokoh penting dimontase dengan foto peserta pilkada dengan maksud tentunya untuk menarik perhatian para calon pemilih.

Dalam hal lain, foto montase banyak dilakukan untuk keperluan sehari-hari, misalnya, menggabungkan foto dari orang-orang yang sudah tidak bisa difoto lagi. Sebagai contoh, foto-foto pasangan orangtua yang sudah tiada kadang dibuat dengan menggabungkan foto mereka satu per satu menjadi seakan difoto berdua dalam satu bingkai.

ini ada beberapa contoh foto montase..enjoy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s