Tutorial: FlashGet

Pernahkah diantara Anda ketika sedang mengunduh sesuatu dari Internet kemudian karena sesuatu hal misalnya komputer tiba2 mati atau crash dan Anda harus mengulang lagi unduhan tersebut dari awal?

Sesuatu yang menjengkelkan namun sebenarnya hal tersebut bisa dihindari jika kita menggunakan Download Manager. Selain kegunaannya untuk mengelola unduhan(Anda bisa melanjutkan unduhan jika karena suatu hal harus terhenti di tengah jalan, tanpa harus mengulang dari awal), kebanyakan program tersebut juga bisa mempercepat unduhan dengan mensimulasikan memecah suatu unduhan menjadi beberapa bagian.

Program Download Manager yang sangat populer mungkin Internet Download Manager (saya pernah mencoba sebentar dan tidak suka dengan user interfacenya :p), ada juga GetRight (Download Manager pertama yang saya gunakan), dan yang akan kita bahas sekarang, FlashGet..

FlashGet yang saya gunakan yaitu FlashGet versi 1.8.xxx, sebenarnya yang terbaru sudah sampai FlashGet 3.xx. Kenapa saya masih bersikukuh dengan versi tersebut? Karena selain masih kompatibel dengan OS yang saya jalankan (Windows Vista), itu adalah versi terakhir FlashGet yang tidak menyertakan iklan2 di programnya (yang menurut saya sangat mengganggu).

Langkah Pertama tentu saja menginstall FlashGet.ini adalah tampilan setup FlashGet 1.81 yang saya gunakan

Seperti ini tampilan FlashGet ketika berhasil diinstall dan dijalankan..

FlashGet versi 1.81 sayangnya hanya ter-integrasi dengan browser Internet Explorer, dan tidak mendukung browser yang lain semacam Firefox, Google Chrome, Safari, dan yang lainnya.. Jadi selain Internet Explorer harus copy-paste manual link download ke FlashGet.

Namun di Firefox masalah ini bisa diakali dengan add-on (pengaya) tambahan yang di-integrasikan. Di sini saya menggunakan add-on (pengaya) FlashGot

Setelah menginstall FlashGet di windows dan FlashGot di firefox, kita coba mengunduh sesuatu dari Internet menggunakan browser Firefox.misal codec xvid dari http://www.xvid.org. Setelah meng-klik tautan (link) unduhan maka akan ada konfirmasi unduhan dari Firefox. Pastikan yang pilihan yang dipilih adalah FlashGot dengan sub-pilihan FlashGet

setelah memilih pilihan tersebut dan meng-klik save(simpan) maka unduhan tersebut langsung diberikan kepada FlashGet untuk mengelolanya

di sini Anda bisa memutuskan mau dipecah berapa unduhan tersebut di pilihan “maximum part for main site”, semakin banyak pecahan maka semakin cepat unduhan tersebut (antara 1-10). Setelah meng-klik “OK” maka akan muncul tampilan sebagai berikut

Pada kolom di atas kanan terlihat file yang sedang diunduh dan informasi mengenai unduhan tersebut (besar file yang diunduh, banyak byte yang telah selesai diunduh, persentase keberhasilan, waktu yang telah berjalan, kira2 waktu yang masih diperlukan, kecepatan rerata, dll), pada kolom tengah bawah memperlihatkan banyaknya progress tiap2 pecahan (jet) disitu terlihat unduhan tersebut dipecah menjadi 11 pecahan (jet), pada kolom kanan bawah disajikan grafik progres unduhan yang terdiri dari blok2, dan paling bawah kanan memperlihatkan kecepatan sesungguhnya pada waktu sekarang (real time).

Setelah selesai maka hasil unduhan bisa dilihat di kolom paling kiri di dalam kategori “downloaded”

semua riwayat unduhan juga berada di situ jika sewaktu-waktu kembali dicari…

*sebagai catatan: ada beberapa situs semacam rapidshare, megaupload, dan yang lain yang tidak mendukung proses resume/percepatan unduhan pada penggunaan yang tidak berbayar.

Semoga Berguna

Selamat Mencoba! šŸ™‚

Advertisements

One thought on “Tutorial: FlashGet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s