Pesan Sampah di Facebook

jangan salahin w kalo lo bakal ngakak ngeliat ni orang 😀 http://tinyurl.com/s******

ini fotoku wkt lg ML http://tinyurl.com/r**************u

hiks..hiks..hiks..barusan mampir dari http://goo.gl/***vc KEREN bgt swearr.. buruan…mampir

Masih ada orang yg mau terkenal dan kaya raya dengan memuja setan, termasuk salah satu grup band terkenal di Indonesia ckckckck…. baca selengkapnya di http://tinyurl.com/4*****o !!!

geli juga lihat hari ini ‘news feed’ facebook isinya itu semua, jadi menggugah diri untuk menulis tentang ini. Sebenarnya itu tidak terlalu membahayakan tetapi sangat menganggu, istilah kerennya jebakan betmen. Setelah membaca beberapa berita mengenai ini diduga pelaku menggunakan metode Cross Site Scripting (XSS) dalam aksinya. Apa itu XSS? Saya juga tidak tahu.hehehe. Saya tidak tahu hal-hal rumit dalam berinternet semacam CSS, Script, SQL injection, Serangan DDOS (saya nulis istilah-istilah ini juga hasil googling.hehe)

Jebakan-jebakan tersebut sebenarnya telah berlangsung sejak lama, namun dahulu jebakan itu tidak terlalu efektif di Indonesia karena berbahasa Inggris (mungkin yang dijebak g ngerti tulisannya tentang apa jadi cuek aja.hehehe) dan hari in meledak karena mulai ada jebakan dalam bahasa Indonesia. Lalu bagaimana mengatasinya?

Secara teknis saya tidak mengerti bagaimana serangan itu dibuat dan bagaimana pula mengatasinya, tetapi selama saya mengenal komputer saya mempelajari bahwa serangan-serangan itu dibangun tidak menggunakan teknologi yang canggih tetapi lebih menggunakan efek psikologis dan sosial. Masih ingat virus brontok yang sangat terkenal dulu? Virus brontok itu hanyalah virus biasa namun pencipta virus brontok ini mengetahui kelemahan psikologis orang-orang Indonesia yang kurang berhati-hati dengan menggunakan icon gambar folder Windows XP, dan hasilnya bisa dikenang lagi.hehehe. Pola-pola seperti ini semakin berkembang di penjuru dunia terutama ketika terjadi sebuah peristiwa besar seperti kematian Michael Jackson. ditandai dengan meningkatnya penyebaran SPAM di seluruh dunia.

Secara teknis hal dasar yang harus dilakukan selalu sama update Sistem Operasi yang Anda pakai sesering mungkin (tentunya yang diupdate yang lisensinya asli ya :p ), tidak usah muluk-muluk memakai Antivirus sebanyak 2 atau malah kadang mengkoleksi Antivirus yang banyak di komputernya, Antivirus sebanyak apapun tidak pernah menjamin pemakainya aman dari serangan virus jika tidak diupdate malah jika memakai lebih dari 1 terkadang terjadi konflik saling membunuh antara Antivirus, cukup memakai 1 saja merk apapun tidak masalah yang penting sering diupdate, kalau bisa gunakan Firewall juga supaya lebih aman walau agak ribet untuk pengguna awal (saya juga masih kerepotan dengan Firewall). yang terakhir jangan lupa selalu gunakan browser yang terbaru, saya rekomendasikan menggunakan Mozilla Firefox atau Google Chrome.

Hal yang paling utama dalam keamanan berinternet adalah kesadaran dan kewaspadaan tinggi. Internet bukan dunia yang aman dan nyaman untuk dihuni. Semua hal yang Anda lakukan di atas akan sia-sia jika Anda tidak berhati-hati dengan Internet.

Ini hal yang saya lakukan jika mendapatkan pesan-pesan mencurigakan di Internet baik lewat Facebook chat, Facebook Update Status, Yahoo Messenger Chat, maupun yang lain :

  1. Saya akan memastikan benar-benar mengenal orang yang mengirimkan link kepada saya.
  2. Saya tidak pernah sekalipun klik link yang diberikan kepada saya sebelum saya diberitahu mengenai isi link tersebut.
  3. Jika teman saya tidak mau memberi tahu maka saya asumsikan akun teman saya sedang dibajak orang atau terkena virus.
  4. Cara termudah adalah dengan mengenali gaya bahasa pesan tersebut. Sebagai contoh tiba-tiba teman saya chat facebook dalam bahasa inggris dan memberikan  link, tentu ini sangat mencurigakan coba deh diingat kapan kamu chat dengan teman kamu itu dalam bahasa Inggris? jadi kemungkinannya cuma 2, akunnya terjebak spam atau dianya yang sedang kesambet jin Inggris yang kesasar :p. Contoh lain, saya orang jawa dan teman saya juga kebanyakan orang jawa masak tiba-tiba update status dengan gaya bahasa ‘w ama lo?’ yah mungkin juga lagi kesambet jin gaul :p
  5. Ciri-ciri yang lain itu biasanya menggunakan url shortener, nah loh apa tuh url shortener? coba deh tanyain ke yang update status ngerti g, klo g ngerti ya kan g mngkin bisa buat :p
  6. kalau menerima link yang menggunakan url shortener usahakan dicek dulu kebeneran link tersebut, ini salah satu penyedianya http://checkshorturl.com
  7. yang terakhir ini yang paling penting, PERTEBAL IMAN.hehehe. Pesan SPAM yang kedua itu bisa dihindari juga kalau kita tidak ‘penasaran’, jangan asal klik link yang menjurus godaan iman.hehe. Saya jamin lebih dari 95 % itu adalah SPAM, phising maupun malware. Lebih dari bahayanya itu tentu masalah reputasi, reputasi yang dibangun sudah payah bisa jatuh seketika di depan teman-teman gara-gara ketahuan lemah iman.hehe

Lalu bagaimana jika sudah terkena SPAM itu?

  1. Segera hapus status yang kamu buat, jangan menambah daftar dosa dengan ikut berpartisipasi menyebarkan link ke teman-teman yang lugu.hehe
  2. Update status yang menyatakan bahwa akun Facebook kamu terkena SPAM dan semua status dan chat aneh yang dibuat bukan hasil karyamu. Kamu tentu juga harus meminta maaf untuk itu. Ini penting untuk politik pencitraan dan pengembalian reputasi terutama jika calon mertua kamu jadi list friend kamu di facebook.hehehe
  3. Segera ubah password Facebook dan email kamu.
  4. Sering-sering lihat-lihat ke Application Setting di Facebook, hapus aplikasi-aplikasi yang tidak perlu, kuis-kuis yang g penting di facebook jangan lupa dihapus semua juga.

Ingat selalu safe play di Internet, jangan biarkan diri kamu jadi korban lugu lagi. Semoga bisa bermanfaat bagi semua 🙂

Diselesaikan pada malam yang tenang pukul 0:48

30 Maret 2011
——————————-
25 Rabi’ul Tsani 1432 H

Advertisements

2 thoughts on “Pesan Sampah di Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s